Senin, 01 Februari 2010

Memasukkan, Menampilkan, Meng-Update dan Menghapus Data

Memasukkan Data Baru

Perintah DML yang digunakan untuk memasukkan data pada INSERT. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat menyisipkan atau memasukkan data baru di dalam tabel tertentu. Berikut sintaksnya:

INSERT INTO namatabel(kolom_a, kolom_b,....., kolom_n)
VALUES ('data_a','data_b','.......','data_n');

Pada perintah di atas, parameter namatabel merupakan nama dari tabel yang hendak dimasuki data. Sedangkan kolom_a, kolom_b, adalah daftar kolom yan hendak disisipi data dari data_a dan data_b.

Menampilkan Data pada Semua Kolom

Apabila anda akan melihat hasil data yang telah dimasukkan, maka perintah yang dapat digunakan adalag SELECT. berikut adalah sintaksnya:

SELECT * FROM namatabel;

Sintaks diatas merupakan cara standart apabila Anda akan melihat atau menampilkan semua kolom dan semua record di dalam tabel yan di tentukan.


Menampilkan Data dari Dua Tabel menggunakan operasi Inner Join

Inner join merupakan sebuah operasi yang digunakan untuk mendapatkan data gabungan dari dua tabel atau lebih. Operasi tersebut digunakan dalam perintah SELECT dan biasanya dipakai untuk memperoleh detail data dari data tabel-tabel yang saling terkait.
Inner Join ini hanya akan menghasilkan output berupa kombinasi baris-baris yang berpasangan saja. Kombinasi baris-baris yang berpasangan saja. Kombinasi baris yang bukan pasangan akan dieleminasi. baris-baris yang tidak memiliki pasangan pada tabel lainnya juga akan dimunculkan. Berikut adalah sintaksnya:

SELECT [namatabel1.namakolom_a, namatabel1.namakolom_b, namatabel2.namakolom_b] FROM namatabel1, namatabel2
WHERE namatabel1.namakolom_b= namatabel2.namakolom_a


Menampilkan Sebagian Kolom Data

Pada perintah sebelumnya, anda menggunakan operator bintang(*) untuk menampilkan semua data dan semua kolom. Sedangkan apabila andahendak menampilkan semua data, akan tetapi hanya terpusat pada kolom tertentu, maka tanda bintang(*) dapat diganti dengan nama kolom yang dimaksud.Sehingga sintaks yang perlu digunakan adalah:
SELECT [namakolom_a [, namakolom_b] ] FROM namatabel;


Menampilkan Data Tertentu dengan Kondisi

Pada suatu ketika mungkin anda akan memiliki data yang sangat banyak padata tabel. Misalnya apabila anda telah memasukkan semua daftar Obat di Apotek kedalam tabel tersebut, maka dapat anda bayangkan seberapa banyaknya.
Sedangkan apabila anda menampilkan data seperti cara-cara sebelumnya, mungkin data yang ditampilkan tidak dapat terlihat karena kondisi monitor yang sangat mungil.Solusinya, anda perlu menyortir datanya, sehingga data yang ditampilkan hanya yang diinginkan saja.
Untuk Menangani masalah tersebut, maka dapat menyeleksi data(menampilkan data), maka anda perlu menggunakan kondisi. Untuk mendefinisikan kondisi, maka anda perlu menggunakan klausa WHERE di dalam perintah SQL. Perhatikan Sintaks berikut:

SELECT [ * ] [ kolom ] FROM namatabel WHERE kolomkunci='data kunci';

Pada sintaks diatas, setelah klausa WHERE merupakan kondisi yang dapat menentukan data mana yang hendak ditampilkan. Yang digunakan untuk menentukan datanya adalah kolom kunci setiap tabel.


Merubah Data Pada Koom Tertentu dengan Kondisi

Update data merupakan pekerjaan yang dimaksudkan untuk mempebaruhi data lama menjadi data baru.Proses update akan selalu ada dalam sistem pengolahan data.
Untuk mempebarui data, SQL memiliki perintah yang bernama UPDATE. Perintah ini cara kerjanya juga harus menggunakan klausa WHERE sebagai kondisi. Berikut adalah sintaksnya:
UPDATE namatabel SET kolom_a='data terbaru', kolom_b = 'data_terbaru'
WHERE kolomkunci='datakunci';

dikutip dari buku SQL Server dengan Visual Basic 6.0
dibuat oleh Bunafit Nugroho dan Indah Indriyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar